Tao Kae Noi ~ edisi Tempura

08Aug11

Tao Kae Noi, entah apa arti dari kata ini, dari kemasannya tercantum bahwa ia adalah produk Thailand, namun di kemasannya juga terdapat chinese-like alphabet dan snack itu sendiri adalah Japanese Seaweed Snack, bingung to? :hammer:

Tapi yang jelas kalau mendengar kata Tao Kae Noi berarti adalah kudapan rumput laut yang lazeees… :D

Snack ini adalah snack yang terbuat dari rumput laut yang dikeringkan dan dipipihkan, sehingga teksturnya tipis dan renyah. entah bagaimana detail pengolahannya yang jelas saya suka dengan berbagai olahan rumput laut, baik yang dibuat agar-agar, pudding, es buah dan es campur ataupun nori.

Snack ini memiliki beberapa varian rasa, diantaranya rasa original, rasa tomat, serta rasa wasabi. Secara umum, snack nori pipih ini rasanya gurih, malah menurut saya menyerupai rasa suatu bumbu masakan tertentu. Yah, mungkin coba anda cari tahu dan kaitkan antara rasa gurih nori dan fakta bahwa ekstrak rumput laut adalah bahan baku pembuatan Monosodium Glutamate. Mungkin kandungan glutamat yang ada dalam rumput laut yang membuat rasanya gurih *sotoy* ~XD

Nah, dari 3 rasa (mungkin lebih, saya tidak tahu pastinya) rasa terakhir sepertinya adalah yang paling menarik. Kalau anda mengaku suka pedas ataupun suka tantangan rasanya bolehlah mencoba rasa yang terakhir ini alias rasa Wasabi :D

Kalau dikatakan pedas sekali sebenarnya tidak, namun ketika digigit dan masuk ke mulut, “saripati” dari wasabi langsung naik, menyebar ke seluruh penjuru mulut dan mencapai hidung, bila tidak kuat mungkin hidung anda bisa sampai berair. Padahal ini belum wasabi yang sesungguhnya ya, hehehe…. temen saya yang pernah coba cicipi snack rasa wasabi ini langsung secara reflek nglepeh , karena rasa panas dan sedikit pahitnya, tapi bagi saya tetep enak tuh :D

Sejauh yang saya tahu, di supermarket dan minimarket lokal indonesia, snack buatan negeri gajah putih ini dipasarkan dalam 2 kemasan, kemasan big bites yang dibanderol pada kisaran 3K atau kemasan jumbo yang dibanderol pada kisaran 20K. Nah kemarin waktu cari helm sepeda di supermarket waralaba, saya nemu ada varian snack ini dalam kemasan jumbo, namun dibanderol pada kisaran 15K. di kemasannya tertulis tempura, naluri saya mengatakan bahwa snack yang satu ini adalah snack dengan rasa udang balut tepung renyah (mmm).

Nori Tempura ~

ternyata dugaan saya sedikit meleset, bukan rasa udang tepung yang saya dapatkan, namun nori tipis yang dibalut dengan tepung tempura, hihihihi…. bila susah membayangkan coba saja anda ingat keripik bayam. seperi itulah. dari kemasan tersebut barulah saya mengetahui bahwa istilah Tempura (天ぷら /  天麩羅 / tenpura) secara harafiah sebenarnya berarti adalah cara memasak ala Jepang yang menggoreng seafood atau sayuran berbalut tepung dengan metode deep-fried. Jadi Tempura tidak hanya udang, note that!

Nori nya dibalut tepung ~XD #fuu

Pantas saja harganya lebih murah, wong dicampur tepung, hihihihi…

Tapi meskipun demikian, rasanya masih tetap terjaga, renyah dan enak.. tepungnya pun bukan tepung tebal yang mengganggu, tapi tepung tipis yang sangaaat renyah, tetep enak kok :) tapi kalau boleh memilih saya lebih suka yang tanpa tepung, hehehe…

selamat mencoba! :D



21 Responses to “Tao Kae Noi ~ edisi Tempura”

  1. yeah aku sukaaa Noriii!!
    lebih enak yg nori sachet asli..asin dan gurih.. :)

  2. 3 iida

    Tao Kae Noi ini Halal 100% gak ?

  3. ga enak. :P

  4. 8 liez

    ga enak rasa wasabi.. mungkin lidah nya ndeso kali yah :D

  5. 10 raras

    aku jg suka..enak bgt tp sayang isinya sebungkus cuma sedikit,,jd satu kurang bgt,tp harga’a lumayan mahal hehehe (mgkn krn import jg)
    oiya btw taokaenoi artinya “pengusaha muda” owner’a beneran masih muda looh.. masih dibawah 30 kyk’a..mulai usaha’a aja pas dia umur 19 thn..hebat bgt deh.. :D

  6. 11 yufintaCahya

    di supermarket bali ada gak?

  7. 12 vony

    di bali ada kq , saking favoritenya aq sllu bawa nori tao kae noi klo pergi jauh .. n wkt kehabisan di bali aq dapt di “CK” cuman varian rasanya sedikit gak selengkap d mini market SBY ..

    oh y, aq paling g suka rasa wasabi .. aromanya seperti muntaaah .. :D
    sekarang varian rasanya banyak banget gak cuma 3 yg di sebutin td .. n yg terbaru enak banget kl g slah inget “grilled squid” norinya gurih manis n lengket beda sama rasa2 lain yg gurih asin n kering :D
    smpet nyobain sekali cz msih tahap promosi jd berupa bonus pembelian kmasan jumbo gt .. *jadi ngiler

  8. 13 Akhyar

    tae kae noi yang lebih enak yang tidak di campur tepung… yang asli nya…
    Sejarah tae kae noi juga mengesankan banget di hati saya.. Top Ittipat you are the billioner

  9. liur menetes :sad:

  10. 15 ozi

    gw juga terinspirasi bnget dgn flm top ittipat ini bhkan gw dh lbih 20 kli nnton flm nya gk bsn2 jg, mdahan gw jga mmpu mmbuat usha kripik yg skses…sperti ini amiin….

  11. intinya ini halal/haram?

  12. 19 Achmad Akbar

    koq sekarang udah gak ada label halal nya?

  13. 20 Rifqie

    Oh my god!!! Di kemasan tao kae noi wasabi yg saya beli ada E631 itu bahan flavor enhancer yg originnya diproses dari lemak babi….

  14. 21 itsnaini iis

    saya ingin spt ittipat…


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

